Jualan kopi lewat Alfa X dan Bean Spot, Sumber Alfaria (AMRT) akan tambah lini bisnis

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berencana melebarkan sayap bisnis. Emiten retail ini akan menambah kegiatan usaha berupa restoran dan kafe yang menjual dan menyajikan makan dan minuman.

Sumber Alfaria akan membuka gerai dengan nama Alfa X dan Bean Spot. Kegiatan usaha tersebut tidak termasuk pada salah satu bidang usaha AMRT yakni perdagangan eceran berbagai macam barang dengan format minimarket dan jasa waralaba.

Alfa X memiliki format minimarket modern yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti tempat belajar/bekerja bersama (coworking space) dan penyajian makanan dan minuman. Konsep Alfa X dikembangkan untuk menyesuaikan dengan karakteristik generasi muda saat ini.

Coworking space ditargetkan memberikan kontribusi terhadap pendapatan gerai Alfa X sekitar 9%-10%,” ungkap Sumber Alfaria dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (4/5).

Baca Juga: Sumber Alfaria (AMRT) berupaya dongkrak pertumbuhan kinerja di tahun ini

Sementara Bean Spot akan memiliki konsep coffee corner pada gerai-gerai Alfamart yang saat ini mencapai 15.434 gerai di seluruh Indonesia. “Sumber Alfaria melihat perkembangan industri gerai kopi memiliki prospek bisnis yang menguntungkan, terutama tren fresh coffe yang menjadi bagian dari gaya hidup modern,” ungkap AMRT.

Menurut hitungan AMRT, penambahan bidang usaha restoran dan kafe ini akan meningkatkan pendapatan Sumber Alfaria sekitar 0,5%. Laba kotor diperkirakan meningkat 1%.

Baca Juga: Produsen makanan dan minuman berupaya optimalkan penjualan saat Ramadan

Prediksi tersebut menggunakan asumsi proyeksi pada tahun ketiga operasional Alfa X dan Bean Spot. Sumber Alfaria menghitung, kedua gerai sudah bisa menghasilkan keuntungan di tahun ketiga.

Untuk menambah bidang usaha ini, Sumber Alfaria perlu mengubah anggaran dasar yang akan dimintakan persetujuan pada rapat umum pemegang saham luar biasa pada 6 Mei 2021.

Baca Juga: Sumber Alfaria (AMRT) akan rights issue untuk investasi di perusahaan teknologi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan