Kabar Duka: Tokoh Otomotif Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia

Suara.com – Kabar duka datang dari pembalap putri Tanah Air, Alexandra Asmasoebrata. Dalam media sosial Instagram, di Instastory, istri mantan pereli Nasional Subhan Aksa ini mengunggah kabar wafatnya tokoh otomotif dan berkuda, sekaligus ayahandanya tercinta, Alex Asmasoebrata.

Di sana tertulis, “Telah meninggal dunia, suami/ayah/kakek kami: H. M.A.S Alex Asmasoebrata pada Sabtu, 2 Januari 2021 00.01 WIB di RSCM Kencana. Kami memohon maaf atas segala kesalahan almarhum, semoga almarhum husnul khatimah.”

Keterangan itu disertai serangkaian potret kenangannya tentang sang ayah, Alex Asmasoebrata. Di setiap foto, Alexandra menuliskan  caption yang menggambarkan betapa Alex Asmasoebrata adalah sosok ayah komplet dalam menjadikan dirinya sebagai perempuan pembalap. Sebuah profesi langka hingga kekinian di Tanah Air.

Alex Asmasoebrata yang lahir 23 Juni 1951 menjadi manajer sang putri, Alexandra Asmasoebrata sepanjang kariernya sebagai pembalap gokart, sampai balap single seater yang berlaga di berbagai kota di luar negeri, serta balap non-single seater yang berlangsung di Sentul Sirkuit Bogor.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Motor Bermesin Bongsor ke Indonesia pada 2020

Alex Asmasoebrata berdiri di depan putrinya Alexandra saar penerimaan piala kejuaraan karting di Sentul 2005 [Instagram: alexandra.asma].
Alex Asmasoebrata berdiri di depan putrinya Alexandra saar penerimaan piala kejuaraan karting di Sentul 2005 [Instagram: alexandra.asma].

Selain menjadi manajer, Alexandra Asmasoebrata juga menuliskan betapa ayahnya  merangkap sebagai bodyguard-nya setiap kali turun balapan, memotretnya di setiap kesempatan saat hendak berlaga di trek, hingga ia sebutkan sebagai paparazzi nomer satu, supporter nomor satu, media gathering tour guide, stalker nomor satu karena tak jarang ikut naik ke podium dan membawakan bendera Merah Putih saat putrinya itu berlaga di luar negeri. Dan tak ketinggalan menjadi rivalnya dalam balap karting di kelas Rotax Max.

Salah satu yang diingat Suara.com pada saat Alex Asmasoebrata turun di kelas Rotax Max Senior, sekitar 2000-an, dengan kebapakan ia menyebutkan turun balap lagi untuk menyemangati putrinya itu.

Alexandra bersama kedua orangtuanya, Alex Asmasoebrata dan Muri Asmasoebrata [Instagram: alexandra.asma].
Alexandra bersama kedua orangtuanya, Alex Asmasoebrata dan Muri Asmasoebrata [Instagram: alexandra.asma].

Sementara dari kantor berita Antara, disebutkan bahwa meninggalnya H. Alex Asmasoebrata bin H. Ipik Asmasoebrata, Ketua Umum Pordasi DKI Jakarta, dan Ketua Harian PP Pordasi adalah karena sakit yang diderita cukup lama.

Beliau dimakamkan hari ini (2/1/2021) di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Selamat jalan Oom Alex, selamat beristirahat panjang.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Launching Bersamaan Dua Mobil Sekaligus pada 2020

__Posted on
__Categories
Otomotif, Suara