Kelurahan di Solo Digelontor Rp9,4 M, Gibran Minta Digunakan dengan Benar

Merdeka.com – Pemerintah Kota Solo menggelontorkan anggaran DPK (Dana Pembangunan Kelurahan) sebesar Rp9,4 miliar pada 2021. Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengingatkan agar para lurah menggunakan dana itu dengan benar.

DPK itu diperuntukkan bagi dana operasional LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) sebesar Rp313 juta, dana untuk pembangunan di luar kegiatan khusus Rp4,687 miliar, dan dana pembangunan kegiatan khusus Rp4,4 miliar.

“Saya imbau untuk seluruh kelurahan melakukan pendampingan. Khususnya untuk penyusunan proposal guna percepatan penyusunan LPJ dan pengumpulan SPJ untuk kegiatan Dana Pembangunan Kelurahan ini. Mengingat bulan-bulan efektif Tahun Anggaran 2021 ini hanya tersisa kurang dari setengah tahun lagi,” ujar Gibran saat memberikan arahan kepada seluruh camat dan lurah di Pendopo Kecamatan Pasarkliwon, Kamis (10/6).

Dalam pertemuan itu, Gibran didampingi Wakil Wali Kota Teguh Prakosa. Putra sulung Presiden Joko Widodo berharap pelaksanaan DPK tahun 2021 berjalan lancar dan tidak ada temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), terutama terkait rencana pengukuhan pengurus LPMK pada 16 Juni mendatang,

Gibran juga meminta agar pengurus LPMK yang akan dikukuhkan tidak merangkap sebagai anggota partai politik. Hal itu sesuai dengan Perda Nomor 11 Tahun 2011 dan Perwali No 3 Tahun 2012.

“Nanti kalau masih ada yang merangkap, otomatis pengukuhannya ditunda, dan dilaksanakan pemilihan ulang,” tegasnya. [yan]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum