Kemarin, Imam Nahrawi masuk Sukamiskin sampai perkembangan di Balongan

Jakarta (ANTARA) – Ragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (7/4), mulai dari masuknya mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat sampai pemeriksaan terhadap 52 orang terkait kebakaran di Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA:

1. KPK eksekusi mantan Menpora Imam Nahrawi ke Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pada hari Selasa (6/4) jaksa eksekusi KPK Rusdi Amin dan Josep Wisnu Sigit telah melaksanakan putusan MA RI Nomor 485 K/ Pid.Sus/2021 tanggal 15 Maret 2021 jo putusan PN Tipikor pada PT DKI Jakarta Nomor 30/PID.SUS-TPK/2020/PT DKI. JKT tanggal 8 Oktober 2020 jo putusan PN Tipikor pada PN Jakarta Pusat Nomor 9/Pid.Sus/TPK/2020/PN. Jkt.Pst tanggal 29 Juni 2020.

Selengkapnya baca di sini.

2. Polisi tangkap pengusaha naikkan harga bahan bangunan di tengah bencana

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menangkap tiga pengusaha penjual bahan bangunan yang memanfaatkan momentum bencana untuk menaikkan harga bahan bangunan.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B kepada wartawan di Kupang, Rabu, mengatakan bahwa tiga pengusaha itu ditangkap pada pukul 14.00 WITA siang tadi.

Selengkapnya baca di sini.

3. Jaksa KPK beri status “justice collaborator” bagi penyuap Edhy Prabowo

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan status “justice collaborator” atau pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum kepada pemilik sekaligus Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (DPPP) Suharjito yang didakwa menyuap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

“Kami berpendapat bahwa karena terdakwa telah berterus-terang dan kooperatif dalam memberikan keterangan serta bersedia membuka keterlibatan pihak lain di dalam perkara ini, maka permohonan terdakwa dapat dikabulkan,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Siswandhono dalam sidang pembacaan tuntutan, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Penyuap eks Menteri KKP Edhy Prabowo dituntut 3 tahun penjara

Pemilik sekaligus Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (PT DPPP) Suharjito dituntut 3 tahun penjara ditambah denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan karena diduga menyuap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebesar Rp2,146 miliar yang terdiri atas 103.000 dolar AS (sekitar Rp1,44 miliar) dan Rp706.001.440,00.

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menyatakan terdakwa Suharjito terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut,” kata jaksa penuntut umum (JPU) KPK Siswandhono di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Polisi periksa 52 orang terkait kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada 52 orang terkait dengan kebakaran di Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

“Sudah 52 orang yang telah dilakukan klarifikasi dan juga pemeriksaan,” kata Komjen Pol. Agus di Indramayu, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, Hukum