Makin loyo, rupiah melemah 0,64% ke level Rp 14.160 per dolar AS

Reporter: Hikma Dirgantara, Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kurs rupiah melemah pada Kamis (19/11) pagi. Mengutip Bloomberg pada pukul 11.26 WIB, rupiah bertengger di level Rp 14.160 per dolar AS.

Artinya rupiah melemah 0,64% dari penutupan kemarin di level Rp 14.070 per dolar AS.

Baca Juga: Cek kurs dollar rupiah di Bank Mandiri hari ini, Kamis 19 November 2020

Rupiah hari ini sendiri diperkirakan bisa menunjukkan penguatan. Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengungkapkan, pada perdagangan hari ini, sentimen yang akan berpengaruh adalah rapat dewan gubernur BI. Ia menyebut, pasar sejauh ini mengekspektasikan BI akan mempertahankan suku bunga acuan.

“Jadi jika BI mempertahankan suku bunga acuan, seharusnya bisa jadi sentimen positif buat rupiah. Apalagi indeks dolar Amerika Serikat (AS) kan sebenarnya trennya juga melemah belakangan ini,” ungkap Faisyal kepada Kontan.co.id, Rabu (18/11).

Sementara sentimen yang mungkin jadi penahan penguatan rupiah dinilai Faisyal akan datang dari perkembangan kasus virus corona. Jika secara global kembali terjadi lonjakan kasus positif, Faisyal tak menampik rupiah berpeluang tertekan.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan