Mantan Presiden Ceko Vaclac Klaus Positif Covid-19

MANTAN Presiden Ceko, Vaclav Klaus dilaporkan terjangkit covid-19. Sebelumnya, dia sempat membuat heboh masyarakat karena dengan terbuka menentang pembatasan pemerintah untuk membendung penyebaran virus tersebut.

“Dia tidak enak badan dan dinyatakan positif covid-19 sore ini,” kata Petr Macinka, juru bicara lembaga think tank Vaclav Klaus Institute.

“Dia menjalani pemindaian dan pulang untuk perawatan di rumah,” tambahnya.

Republik Ceko saat ini memiliki tingkat infeksi per kapita tertinggi di dunia dan tingkat kematiannya berada di urutan kedua setelah tetangganya, Slovakia. Klaus menjabat sebagai presiden pada 2003-2013 setelah menggantikan pahlawan anti-Komunis Ceko dan mantan penulis drama pembangkang, Vaclav Havel. Selama masa jabatannya, ia menjadi terkenal sebagai politisi terakhir di UE yang menandatangani Perjanjian Lisabon yang penting dari blok tersebut.

Sejak pandemi dimulai, Klaus yang berusia 79 tahun telah berulang kali tampil di depan umum tanpa menggunakan masker, dan pada Januari ia didenda senilai 10.000 crown atau US$ 470 karena kasus tersebut.

Di bulan yang sama, pada rapat umum dia menyampaikan pidato menentang pembatasan.

“Pemerintah harus tahu bahwa kita sudah cukup banyak pembatasan dan instruksi yang merugikan hidup kita,” tuturnya.

baca juga: Enam Negara Uni Eropa Diminta Longgarkan Pembatasan Covid-19

Dia juga menentang vaksinasi covid-19, memicu tanggapan dari penggantinya Milos Zeman, seorang sayap kiri veteran dan mantan musuh politik Klaus.

“Dapatkan vaksinnya, Vaclav, atau Anda berisiko tertular covid-19 pada usia Anda,” ujar Zeman. (OL-3)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum