Marketplace kripto di Indonesia semakin berkembang

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tren perkembangan aset kripto sedang ramai di dunia. Bahkan Badan Pengawas Berjangka Komoditi atau Bappebti sudah meresmikan perusahaan-perusahaan pedagang aset kripto, seperti Tokocrypto, digitalexchange.id, Triv, ataupun Indodax.

Transaksi aset kripto di beberapa perusahaan atau marketplace tersebut dinilai masih berkembang. CEO Digitalexchange.id Duwi Sudarto Putra menilai perusahaannya saat ini masih berkembang membentuk tren positif, seiring dengan tren global aset kripto itu sendiri. “Kesiapan strategi dan teknis sangat menentukan seberapa besar digitalexchange dalam menyerap permintaan pasar,” kata dia kepada Kontan, Senin (3/5).

CEO Tokocrypto Teguh Harmanda menilai bahwa perkembangan saat ini cukup mengesankan terutama di dua bulan terakhir. Sementara itu CEO Triv Gabriel Rey mengklaim bahwa saat ini transaksi di kripto membludak, Triv diklaim naik sebanyak 100% lebih.

Untuk pola transaksi, saat ini digitalexchange.id dinilai bervariasi, karena sebagian melakukan long trading dengan membeli aset, lalu disimpan untuk jangka panjang. Hal serupa juga terjadi di Tokocrypto. “Ada juga kelompok arbiter yang memanfaatkan selisih harga antar exchange, namun mayoritas menggunakan pola scalping yang melakukan trading setiap hari dengan memanfaatkan fluktuasi harga aset kripto itu sendiri,” kata Duwi.

Baca Juga: Bitcoin meredup, di tengah lonjakan luar biasa Dogecoin dan Ethereum

Sedangkan Gabriel merasa bahwa saat ini retail di Indonesia lebih mengarah ke spekulator atau short term, daripada menyimpannya untuk jangka panjang, karena jumlah trader lebih banyak daripada investor.

Di digitalexchange sendiri aset favorit adalah Aurora (AOA) dengan kenaikan gradual, lalu Tron (TRX), Doge coin (DOGE), dan Electroneum (ETN), karena saat ini digitalexchange.id satu-satunya bursa yang memperdagangkan ETN di Indonesia.

Di Triv saat ini volume nomor satu ditempati oleh DOGE, dan di tempat kedua disusul oleh BTC. Sedangkan di Tokocrypto ada beberapa, seperti BNB, Ethereum (ETH), BTC, TKO dan sebagainya.

Baca Juga: Vice Chairman Berkshire: Tentu saja saya benci kesuksesan Bitcoin

Baca Juga: Ethereum toreh rekor harga tertinggi baru US$ 3.400, masih belum terbendung

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan