Masih Ingat Sahabat-sahabat Penghuni Surga? Ternyata Ini Amalannya

Surga itu kenikmatan abadi yang diperuntukkan bagi orang-orang beriman dan bertakwa. Surga merupakan tempat suci dan bersih yang disediakan bagi mereka yang memiliki amal saleh ketika di dunia.

Masih ingat kisah sahabat yang dikabarkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم masuk surga karena setiap malam sebelum tidur ia selalu memaafkan kesalahan orang-orang yang berbuat salah kepadanya?

(Baca Juga: 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?)

Masih ingat sahabatdari kalangan Anshar ini bukan ahli ibadah sebagaimana sahabat mulia lainnya. Beliau menjadi penghuni surga karena tidak pernah mempunyai rasa iri dan dengki kepada sesama muslim atau dengki terhadap kenikmatan yang diberikan Allah kepadanya.

Baca Juga:

Masih ingat kisahnya Sayyidina Bilal bin Rabbah radhiyallahu ‘anhu, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari, Rasulullah berkata kepada Bilal, “Ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau harapkan dalam Islam, sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di surga?” Bilal menjawab: “Tidak ada amal ibadah yang paling kuharapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka”.

Masih ingat dua sahabat Thalhah radhiyallahu ‘anhu. Keduanya berjihad dan satu di antaranya mati syahid. Sedangkan satu lagi pulang dan membawa kemenangan gemilang. Setahun kemudian, ia meninggal karena sakit di dalam kamarnya. Namun, temannya yang meninggal terakhir masuk surga lebih dulu dari temannya yang wafat syahid. Lalu Rasulullah mengatakan, “Bukankah ia masih mendapati Ramadhan, lalu ia berpuasa, melakukan salat ini dan itu selama satu tahun itu?” Ternyata amalan itulah yang memnbuatnya masuk surga lebih dulu.

(Baca Juga: Umat Nabi Muhammad Masuk Surga Tanpa Hisab 4.900.000 Orang)

Masih ingat kisah wanita yang bertahun-tahun dikubur namun jasad dan wajahnya tampak seperti baru dikuburkan. Bahkan dengan senyuman yang sangat berseri di wajahnya. Ketika ditanyakan kepada ibunya, apa yang telah dilakukannya selama hidup di dunia, sehingga mendapatkan kemulian tersebut. Amal istimewa yang selalu dilakukan selama hidupnya adalah Tilawah Qur’an setiap habis sholat meskipun hanya sebentar.

__Posted on
__Categories
SindoNews, Umum