Mau Ikut Lelang Barang Milik Negara, Begini Caranya

Merdeka.com – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Joko Prihanto menyebut, seluruh masyarakat di Indonesia bisa ikut serta mendapatkan lelang barang milik pemerintah dengan sangat mudah. Salah satu satu caranya bisa melalui lelang.go.id.

“Kalau ingin ikuti lelang sebetulnya gampang, karena lelang.go.id kan sebenarnya sudah ada di playstore, tinggal download kemudian lakukan pendaftaran di lelang.go.id, lalu klik daftar kemudian membuka akun email dan seterusnya,” kata Joko dalam Bincang DJKN, Jumat (8/1).

Dia menyebut ada berbagai keuntungan yang didapat masyarakat jika melakukan lelang secara online. Mengingat masyarakat bisa menawar kapan saja dan dari mana saja.

“Kemudian peserta itu bisa menawar dan bebas dari intimidasi. Kalau dulu kan lelang berkerumun ada ancaman kamu jangan nawar tinggi, kalau sekarang cukup dengan HP saja, dan lelang itu harga terbaik lah,” jelas dia.

Adapun jika masyarakat yang minat melakukan lelang caranya cukup mudah. Pertama harus setor uang jaminan. Setelah itu akan mendapat virtual account. Nantinya uang jaminan itu akan terkoneksi secara otomatis.

“Kalau tidak menang uang jaminan secara otomatis kembali ke rekening, jadi tidak usah minta dan uang jaminan akan kembali,” jelas dia.

Dia pun menjamin, harga yang ditawarkan pemerintah melalui lelang itu sudah cukup baik. Seperti misalnya untuk mobil dan rumah, keduanya sudah pakai nilai up raisal, dan sudah dilakukan penilai profesional KJPP

“Jadi kalau pertanyaan seperti itu bisa dipastikan harga lebih baik dair beli langsung dan paling penting adalah nanti pembeli akan dilindungi oleh hukum jadi dan prosesnya sangat terbuka,” jelas dia. [azz]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum