Otomotif

Perawatan kendaraan secara berkala penting untuk menjaga performa mesin dan keawetan kendaraan. Selain perawatan ringan secara rutin di rumah, sebaiknya perawatan dan perbaikan kendaraan dilakukan di bengkel resmi. 

Menurut Hariadi selaku Assistant to Service Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ada beberapa keuntungan ketika pemilik kendaraan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Suzuki.

Adanya Garansi
Dengan melakukan perawatan kendaraan baik mobil atau sepeda motor Suzuki di bengkel resmi, garansi kendaraan dan performa kendaraan akan terjaga. Rajin servis di bengkel resmi sangat mempengaruhi nilai jika pemilik kendaraan berniat untuk menjual kendaraan kembali.

Jaminan Suku Cadang Asli
Adanya jaminan keaslian suku cadang atau aksesori lain yang digunakan di bengkel resmi. Suku cadang yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan sehingga daya tahan lebih baik, memiliki garansi, serta sudah teruji kemampuan dan performanya. 

Peralatan Lengkap dan Teknisi Terlatih
Di bengel resmi, kendaraan ditangani oleh teknisi terlati dan bersertifikasi sehingga menguasai seluk beluk kendaraan serta seluruh komponen pada produk Suzuki. Bengkel resmi juga dilengkapi dengan peralatan lengkap dan komputer khusus yang dapat mendeteksi secara otomatis apabila terdapat komponen kendaraan Suzuki yang bermasalah, untuk mamastikan kualitas perawatan kendaraan yang dibutuhkan sesuai dengan standar produk dan perusahaan, serta dapat mendeteksi masalah ankendar dengan akurat.

Catatan Riwayat Servis
Perawatan berkala kendaraan di bengkel resmi tentu tercatat seluruh riwayatnya, baik pengecekan, perbaikan, maupun penggantian komponen atau suku cadang. Adanya bukti riwayat service akan mempermudah pemilik kendaraan dalam menentukan perawatan berikutnya serta membantu mempertahankan nilai jual kendaraan kembali tetap tinggi. 

Transparansi Harga dan Biaya 
Selama perawatan berkala dilakukan di bengkel resmi Suzuki, informasi mengenai layanan dan pekerjaan yang dilakukan teknisi serta perincian biaya berdasarkan standar harga Suzuki Indonesia akan dijelaskan dan dicatat guna mempermudah pemilik kendaraan setiap melakukan perawatan.

Adanya Asistensi Customer Service 
Ketersediaan pelayanan konsumen dalam menanggapi keluhan, saran, maupun pertanyaan terkait pelayanan di bengkel resmi disediakan Suzuki untuk menunjang kenyamanan pemilik kendaraan. 

Bengkel resmi Suzuki juga menyediakan layanan pengingat atau reminder, dimana pemilik kendaraan akan diingatkan untuk melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Penawaran Paket Perawatan Hemat
Pelanggan yang membeli produk Suzuki mendapatkan program servis gratis yang sudah termasuk biaya jasa dan suku cadang hingga 50.000 km atau 3 tahun (mana yang tercapai lebih dulu) dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selama pemberlakuan PPKM, operasional bengkel resmi Suzuki yang terdiri dari 238 bengkel mobil dan 251 bengkel sepeda motor mengikuti peraturan pemerintah setempat. Namun, Suzuki tetap menyediakan layanan Home Service, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang dapat diakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800.

Selain bengkel resmi dan Halo Suzuki, terdapat juga aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan, serta situs Auto Value www.autovalue.co.id untuk mencari mobil bekas berkualitas atau tukar tambah mobil Suzuki secara online. (S-4)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum