Pegadaian bidik outstanding gadai saham capai Rp 700 miliar di 2021

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Pegadaian (persero) membidik outstanding gadai saham di tahun ini mencapai Rp 700 miliar. 

Head of Unit Gadai Efek Pegadaian Deni Hamzah menjelaskan, target outstanding gadai saham di tahun ini kira-kira 4 kali dari Rp 175 miliar atau setara Rp 700 miliar karena masa jatuh tempo kredit per 90 hari.

“Untuk target pembiayaan yang dicanangkan di tahun 2021 adalah sebesar Rp 175 miliar. Sementara realisasi di tahun lalu tercapai sebesar Rp 114 miliar,” kata dia kepada Kontan.co.id, Minggu (21/2).

Pegadaian optimistis, potensi bisnis gadai saham di tahun ini bisa tercapai dengan serangkaian rencana pemasaran yang dicanangkan perusahaan. 

Dalam produk ini, Pegadaian juga membidik nasabah retail dan millenial investor, high networth investor, institusi pelaku pasar dan emiten bursa.

Dalam mencapai target dan kanal pemasaran yang dimanfaatkan, Pegadaian terus meningkatkan fitur dan layanan gadai saham melalui aplikasi PDS, memberikan pemahaman fitur dan layanan gadai efek kepada tenaga pemasaran dari sekuritas yang telah bermitra dengan pegadaian maupun agen independen yang baru akan bermitra.

Guna merealisasi target pemasaran pegadaian, gadai pelat merah ini telah menyiapkan beberapa strategi, seperti melakukan penambahan mitra rekanan sekuritas terutama sekuritas yang memiliki keterbatasan permodalan, implementasi  layanan gadai saham kedalam aplikasi online trading sekuritas (OLT), melakukan program literasi produk gadai saham melalui komunitas, influencer dan sekuritas yang belum bermitra, serta melakukan perluasan jenis agunan efek.

Deni memperkirakan, tren gadai saham tahun ini menunjukkan peningkatan khususnya dari segmen investor retail yang sebelumnya pernah mencoba layanan produk gadai efek. Sementara beberapa retail berasal dari sekuritas – sekuritas baru yang sebelumnya belum punya pengalaman dengan gadai efek. 

Seperti diketahui, kehadiran gadai saham bertujuan untuk bridging investor saham. Artinya, investor bisa mendapatkan likuiditas atau pendanaan tanpa harus kehilangan asetnya. Skema gadai saham sama dengan saat nasabah menggadaikan saham mereka. 

Jika sewaktu-waktu saham yang dimilikinya turun banyak, Pegadaian akan meminta nasabah untuk melakukan top up untuk meng-cover rasio yang sudah ditetapkan. Bisa dengan menambah jaminan atau mengangsur pinjaman tersebut. Produk gadai ini ditujukan untuk investasi jangka panjang, bukan trading. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan