Pelantikan Gibran-Teguh Batal Dilakukan di Balai Kota Solo

Merdeka.com – Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa di Balai Tawangarum Balai Kota, Jumat (26/2) batal dilakukan. Pemenang Pilkada 2020 itu akan dilantik secara virtual di Gedung DPRD Solo, pada hari yang sama pukul 08.00 WIB.

Pemindahan lokasi pelantikan putra sulung Presiden Joko Widodo diungkapkan oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo Wahyu Kristina, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (23/2).

Menurut dia, perpindahan lokasi pelantikan tersebut dengan satu pertimbangan. Di mana dalam pelantikan nanti sekaligus akan dilaksanakan serah terima jabatan dari pejabat lama FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. Dalam rangkaian acara tersebut juga dilakukan pidato pertama wali kota terpilih.

“Perubahan lokasi pelantikan ke gedung DPRD kita lakukan sesuai arahan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Nanti sekaligus akan dilakukan serah terima jabatan dan pidato pertama wali kota,” ujar Kristina.

Menurut dia, prosesi pelantikan tetap dilakukan secara virtual oleh gubernur. Demi efektivitas akan dilakukan sekaligus serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD.

Pada awalnya, lanjut Kristina, acara pelantikan akan dilaksanakan di Balai Tawangarum. Sedangkan rapat paripurna dilakukan di gedung DPRD pada 1 Maret 2021 mendatang.

“Sesuai surat dari Pemprov Jateng acara dirangkai menjadi satu kegiatan,” terangnya.

Untuk tamu undangan, dikatakannya, tetap dibatasi seperti rencana awal. Yakni hanya 25 orang, termasuk wali kota dan wakil wali kota terpilih beserta istri. Sedangkan undangan lainnya dari unsur Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Plh Wali Kota serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode sebelumnya.

Ia menambahkan, setelah acara pelantikan, akan dilanjutkan serah terima pengurus tim penggerak PKK dan ketua Dekranasda. Jabatan tersebut akan diemban oleh istri wali kota yang baru. Pihaknya akan melakukan gladi bersih pada Kamis (25/2). [gil]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum