Perbandingan spesifikasi Honda CBR150R dengan Yamaha All New R15

Jakarta (ANTARA) – PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi meluncurkan All New Honda CBR150 R pada Selasa (12/01) secara virtual, motor bergaya sport ini digadang memiliki wajah yang serupa dengan Honda CBR250 R.

Kendaraan ini masih mempertahankan siluet bodi agresif dengan banyak sudut tajam sehingga banyak bagian makin terlihat berotot. Aura dari kendaraan besar juga sangat terasa, berkat adanya perubahan pada hampir semua sisi terutama lampu-lampu LED berdesain agresif yang mengadopsi DNA CBR250RR.

Perubahan yang paling terasa terdapat pada fitur baru, yakni Assist & Slipper Clutch. Fitur ini dapat memperhalus perlambatan ketika pengendara melakukan engine brake secara tiba-tiba. Selain itu, teknologi ini juga membantu tarikan kopling menjadi terasa lebih sangat ringan.

Baca juga: Honda CBR150R motor terbaik versi wartawan otomotif

Baca juga: Varian terbaru Honda CBR150R

All New Honda CBR150R ini diklaim menjadi motor sport full fairing dengan posisi berkendara terbaik di kelasnya. Ubahan terbaru mengarah pada gaya condong ke depan yang semakin agresif, menyuguhkan imajinasi pebalap yang siap melakukan start.

Pesaing terdekat dari Yamaha All New R15 ini sayangnya, tidak memiliki perubahan yang berarti pada sisi mesin. All New Honda CBR150R ini masih mengusung mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan, dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 12,6 kW (17,1 PS) pada 9.000 rpm, dan torsi puncak 14,4 Nm pada 7.000 rpm.

Sedangkan pesaingnya memiliki mesin yang sedikit lebih besar, All New R15 dibekali dengan mesin 155,1 cc LC4V yang dilengkapi teknologi VVa (Variable Valve Actuation) serta didukung oleh teknologi Assist & Slipper Clutch yang juga tersemat pada All New Honda CBR150R membuat performa berkendara semakin maksimal.

Berbicara fitur Assist/ Slipper Clutch, fitur ini berfungsi mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem. Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara juga dapat merasakan pengoperasian kopling yang jauh lebih ringan.

Motor rakitan anak bangsa ini ditunjang dengan fitur yang lengkap, seperti Anti-lock Braking System (ABS) yang disertai Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini sudah diterapkan pada beberapa model big bike, berfungsi mengaktifkan lampu sein kanan-kiri secara bersamaan saat melakukan rem mendadak.

Fitur unggulan lain, yakni mempertahankan wavy disc brake yang mempertegas penampilan sporty. Semua informasi yang dikehendaki pengendara ditampilkan melalui panel meter ramping full digital yang mudah dilihat.

Berbicara masalah harga, All New Honda CBR150R ini dibanderol mulai dari Rp35,9 juta serta varian tertinggi dibanderol hongga Rp40,8 juta (on the road Jakarta) livery MotoGP. Sedangkan untuk Yamaha All New R15 dibanderol mulai dari Rp37,6 juta sampai dengan yang termahal mencapai Rp40,8 juta livery MotoGP.

Baca juga: All New CBR150R siap mengaspal di Indonesia

Baca juga: AHM segarkan Honda CBR150R

Baca juga: Honda CBR150R memimpin segmen sport full fairing 150cc

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, Otomotif