Pertemuan Wapres-Rizieq Laik Dicoba

WACANA pertemuan Wakil Presiden Maruf Amin dengan petinggi Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab laik dicoba. Tujuannya guna meredakan tensi politik dan menjembatani komunikasi kedua belah pihak.

“Tentu pertemuan itu laik diapresiasi dan didukung. Semoga ada jembatan pengertian antara kedua belah pihak,” ujar Pengamat Poltik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno kepada mediaindonesia.com, Sabtu (21/11).

Menurut dia, karakter dan keilmuan Maruf dapat menjadi ruang yang tepat dalam menerima suara dari Rizieq Shihab. Masyarakat dapat menumpukan harapan kepada Maruf untuk menyelesaikan hiruk-pikuk situasi saat ini.

“Dengan sosoknya yang bersahaja dan paham betul soal Islam, publik yakin wapres bisa meredakan ketegangan komunikasi dengan Rizieq. Kyai Maruf adalah sosok bersahaja yang sangat dihormati umat Islam di seluruh penjuru Tanah Air,” tutupnya.

Maruf tidak keberatan dengan munculnya wacana untuk bertemu dengan Rizieq. Menurut Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, selama membawa kebaikan Wapres tidak persoalkan rencana pertemuan tersebut.

“Wapres welcome, artinya itu hal yang bisa dilakukan selama membawa kebaikan bagi bangsa dan negara,” kata Masduki.

baca juga: Wapres Siap Bertemu Rizieq, Jubir: Selama Membawa Kebaikan

Masduki mengaku sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam mencoba memfasilitasi pertemuan tersebut. Namun Masduki belum mau menyebut ormas mana yang bakal menjadi fasilitator.

“Sudah ada (ormas) yang sudah bertemu, tetapi saya tidak bisa bercerita lebih dari itu,” jelasnya.

Masduki menjelaskan, pihaknya mengakui adanya dampak politis yang muncul akibat pertemuan tersebut. Namun dirinya optimismis pertemuan itu tidak akan menjadi polemik berkepanjangan.

“Sebagai figur ulama dan juga orang nomor dua di Indonesia, saya kira Wapres mempunyai perhatian penuh bagaimana menyelesaikan keriuhan di masyarakat dan itu perlu dijembatani, jangan sampai menimbulkan hal tidak baik ke depan,” pungkasnya. (OL-3)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum