Pesawat Garuda Gagal Mendarat di Bandara Pontianak, Ini Kata Bos Garuda Indonesia

JAKARTA – Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) membenarkan informasi terjadinya gagal landing pesawat milik emiten dengan nomor penerbangan GA504 di Bandar Udara (bandara) Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (13/1/2021).

Maskapai penerbangan plat merah tujuan Jakarta-Pontianak itu seharusnya mendarat di Supadio, namun karena cuaca memburuk, maka pesawat diarahkan melakukan landing di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut, pendaratan pesawat Garuda Indonesia GA504 di Palembang sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) penerbangan. Di mana, bila bandara tujuan tidak memungkunkan pesawat melakukan landing, maka pesawat dialihkan ke bandara lainnya (divert). Hal itu untuk memastikan keselamatan penumpang.

(baca juga: Cuaca Buruk, Garuda dan Lion Tujuan Pontianak Mendarat di Sumatera )

Baca Juga:

“Standar Prosedur (SOP) kalau kondisi bandara tujuan tidak memungkinkan didarati, maka divert ke bandara lain. Memastikan keamanan penumpang nomor satu,” ujar Irfan saat dikonfirmasi MNC News Portal, Rabu (13/1/2021) malam.

Dari informasi yang diperoleh di akun media sosial (Instagram) @tkp_pontianak bahwa pesawat Garuda GA504 sempat berputar tujuh kali sebelum akhirnya mendarat di Palembang. Informasi ini diunggah dalam sebuah video pendek pada pukul 16.00 Wib, rabu.

“Breaking News, pesawat Garuda GA504 divert dikarenakan cuaca di Pontianak sangat tidak mendukung. Pesawat ini berangkat dari Jakarta tujuan Pontianak akhirnya mendarat di Palembang,” tulis akun tersebut.

(baca juga: Jet Tempur Israel Gempur Suriah Timur, 25 Orang Tewas )

Tak hanya maskapai penerbangan plat itu, hal serupa juga dialami oleh pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-684. Dari akun serupa menuliskan bahwa pesawat milik Lion Air Group itu juga mengalami gagal mendarat di bandara Supadio, Pontianak.

Lion Air akhirnya dialihkan landing di bandara Hang Nadim, Batam. Sebelumnya pesawat tersebut sempat berputar-putar di langit kota Pontianak. “Breaking News, Pesawat Lion Air JT684 divert dikarenakan cuaca di Pontianak sangat tidak mendukung. Pesawat ini berangkat dari Jakarta tujuan Pontianak dan akhirnya mendarat di Batam,” demikian bunyi keterangan akun tersebut.

__Posted on
__Categories
SindoNews, Umum