Piaggio Fast Forward Kenalkan Gita, Robot Bantuan Mobilitas

Suara.com – “Berkat Gita, manusia bisa berjalan lebih jauh, lebih cepat dan lebih sering, serta berbahagia melakukannya. Kami siap mencoba penggunaan Gita di lingkungan retail, perumahan dan komersial. Tujuannya menyederhanakan dan meningkatkan kinerja manusia,” papar Greg Lynn, Chief Executive Officer (CEO) Piaggio Fast Forward (PFF), anak perusahaan Piaggio Group, pemilik produk roda dua Vespa.

Robot Gita atau biasa disebut Gita saja, adalah robot program inovatif pertama dari PFF, perusahaan robotika dan mobilitas masa depan dari Piaggio Group yang berbasis di Charlestown, Boston, Amerika Serikat.

Berfungsi sebagai alat pengangkut bermuatan 20 kg, Gita dirancang untuk mengikuti operator, yaitu penggunanya, di dalam dan di luar ruangan, dengan kecepatan maksimal 10 km per jam, dan masa pakai baterai empat jam.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi PFF, Gita telah menjalani serangkaian pilot programme dan dijual langsung kepada konsumen atau business-to-consumer (B2C) di Amerika Serikat. Kini dijajaki untuk peluang baru yang mengintegrasikan robotika ke dalam sektor business-to-business (B2B).

Baca Juga: Elon Musk Berikan Pandangan Soal Lonjakan Kasus COVID-19

Gita adalah robot pengangkut bermuatan 20 kg, dirancang mengikuti penggunanya, di dalam dan di luar ruangan, dengan kecepatan maksimal 10 km per jam, dan masa pakai baterai empat jam [Piaggio Fast Forward].
Gita adalah robot pengangkut bermuatan 20 kg, dirancang mengikuti penggunanya, di dalam dan di luar ruangan, dengan kecepatan maksimal 10 km per jam, dan masa pakai baterai empat jam [Piaggio Fast Forward].

“Hal ini sangat sesuai dengan gagasan kami di PFF, yaitu kecerdasan robotik dan manusia harus bekerja sama dan mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan guna menciptakan dunia yang lebih baik untuk masa depan,” papar Michele Colaninno, Founder and Chairman PFF dalam keterangan tertulis, pada Kamis (19/11/2020).

Adapun beberapa program percontohan pertama Robot Gita yang akan diluncurkan dalam skala bisnis mencakup mitra-mitra terkait seperti:

  • Bandara Internasional Cincinnati (CVG), bandara penghubung perintis di Kentucky, Amerika Serikat dengan lalu lintas 7 juta penumpang per tahun. Gita berfungsi membersihkan jalur untuk layanan tanpa kontak, digital, penyambut tamu, serta pengangkutan bagasi dan kargo.
  • Delivery Co-op, perusahaan yang berfokus pada pengiriman makanan di daerah sekitarnya, berbasis di Lexington, Kentucky, Amerika Serikat. Gita akan digunakan untuk pengiriman makanan yang aman dan tanpa kontak.
  • Dogan Trend Automotive, bagian dari Dogan Group, yang berbasis di Istanbul, Turki dan beroperasi di bidang energi, industri, bahan bakar, keuangan, internet & hiburan, otomotif, pariwisata dan real estate. Fungsi Gita mengantarkan barang-barang yang dibutuhkan saat wisata, seperti tas belanja.

__Posted on
__Categories
Otomotif, Suara