Polda Lampung siap amankan 48 pilkades serentak di Kabupaten Pringsewu

Seluruh personel yang bertugas mengamankan pilkades untuk bersiap siaga

Bandarlampung (ANTARA) – Kepolisian Daerah (Polda) Lampung dan jajaran siap mengamankan pelaksanaan 48 pemilihan kepala pekon/desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pringsewu, Lampung tahun 2021.

“Polres Pringsewu mengadakan simulasi pengamanan pemungutan suara pilkades serentak Kabupaten Pringsewu tahun 2021, di halaman Mapolda Lampung,” kata Kabagbinops Roops Polda Lampung AKBP I Made Rasma, di Bandarlampung, Senin.

Acara simulasi itu dihadiri Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Wakapolda Brigjen Pol Subiyanto, dan Kapolres Pringsewu.

Ia menyebutkan, kegiatan ini dilakukan secara simulasi pemungutan suara dengan berbagai skenario dan antisipasi pengamanan, serta penegakan disiplin terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan, mengingat COVID-19 masih merebak.

I Made Rasma juga meminta kepada seluruh personel yang bertugas mengamankan pilkades untuk bersiap siaga, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, perihal pelaksanaan pemilihan kepala desa di masa pandemi COVID-19.

“Untuk para personel harap menjaga fisik dan mental juga kondisi pribadi, kemarin kami mendapatkan info ada personel yang mengalami kecelakaan selesai bertugas mengamankan Pilkades Tanggamus, kita ingin hal tersebut tidak terulang,” ujarnya.

Kabupaten Pringsewu akan mengadakan pilkades serentak di 48 pekon/desa tanggal 24 Februari, sehingga memerlukan pengamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebanyak 785 personel gabungan dari Polres Pringsewu, Pesawaran, dan Tanggamus, termasuk dari Polda Lampung, dikerahkan untuk pengamanannya,” ujar Made.
Baca juga: Kapolres: Jangan jadikan Pilkades Lombok Tengah ajang judi
Baca juga: Polres Bangkalan tambah personel pengamanan pilkades serentak

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, Hukum