Polres Banjarnegara terus intensifkan patroli penegakan prokes

Patroli skala besar sekaligus bagi-bagi masker terus diintensifkan

Banjarnegara (ANTARA) – Kepolisian Resor (Polres) Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) terus mengintensifkan patroli penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

“Patroli skala besar sekaligus bagi-bagi masker terus diintensifkan di beberapa titik keramaian,” kata Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, di Banjarnegara, Minggu.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan.

“Kami ingin mengajak seluruh masyarakat, agar tidak melakukan pelanggaran protokol kesehatan,” katanya pula.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga ingin memastikan tidak ada keramaian dan kerumunan massa guna menekan risiko penularan COVID-19.

Ia mencontohkan beberapa waktu yang lalu, dirinya memimpin langsung patroli dengan menyisir sejumlah lokasi keramaian di Kabupaten Banjarnegara.

“Kami ingin memastikan tidak ada kerumunan massa terutama pada malam Minggu, kami melakukan patroli dengan menyisir jalanan Kota Banjarnegara, mulai dari Rejasa, Kenteng, Madukara, Pertigaan Singomerto, Sokanandi, dan lain sebagainya,” katanya lagi.

Dia mengungkapkan bahwa pada saat patroli, petugas memberikan imbauan tentang pentingnya menggunakan masker dan protokol kesehatan lain.

“Selain itu, petugas juga langsung memberikan teguran bagi mereka yang kedapatan melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker,” katanya lagi.

Dia menambahkan bahwa patroli digelar dengan mengedepankan sisi humanis dan dialogis.

“Anggota dan masyarakat juga diminta tetap jaga jarak serta tidak kontak langsung dengan orang sekitar,” kata dia.

Kapolres berharap melalui kegiatan ini akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

“Kami juga berharap tingkat terjadinya pelanggaran dapat diminimalisir bahkan dapat dihentikan. Semoga setelah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, seluruh masyarakat Banjarnegara semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan, sehingga benar-benar bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” katanya pula.

Kapolres juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan patroli dan operasi yustisi secara intensif sebagai salah satu upaya mempercepat penanganan pandemi COVID-19 di wilayah ini.
Baca juga: Para pengawal protokol kesehatan dari pelosok Banjarnegara
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Banjarnegara bertambah jadi 57 orang

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, Hukum