Prediksi Waketum PKB: Jokowi akan Pilih Calon Kapolri yang Punya Kedekatan Khusus

Merdeka.com – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah memberikan lima nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis kepada Presiden Jokowi. Terkait hal tersebut Wakil Ketua PKB Jazilul Fawaid memprediksi Jokowi hanya mengusulkan satu nama ke DPR untuk jadi Kapolri dan memiliki kedekatan khusus.

“Saya yakin yang akan diusulkan presiden ke DPR tinggal satu nama saja, yaitu yang memiliki kedekatan khusus dengan Presiden. Semoga dipilih yang terbaik,” kata Jazilul kepada merdeka.com, Sabtu (9/1).

Walaupun demikian Jazilul enggan merinci siapa sosok yang memiliki kedekatan khusus dengan Jokowi. Dia pun memilih untuk menunggu keputusan Jokowi.

“Tunggu saja, saya tidak berani spekulasi,” ungkap Jazilul.

Sementara itu dia menilai lima calon yang diberikan Kompolnas kepada Jokowi sudah memenuhi kriteria. Mulai dari jenjang kepangkatan hingga berprestasi

“5 nama jenderal polisi yang diusulkan sudah melewati jenjang kepangkatan, kompetensi dan prestasi yang pantas untuk menerima amanat menjadi Kapolri,” ungkap Jazilul.

Sebelumnya diketahui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah membeberkan lima nama jenderal yang sudah masuk ke kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon kapolri.

“Ini 5 nama Komjen Pol. yang diajukan kpd Presiden oleh Kompolnas utk dipilih sbg calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto. Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” tulis Mahfud. [bal]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum