Prospek pembiayaan sindikasi, Bank Mandiri: Tahun ini bisa mendekati pencapaian 2019

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk melihat prospek pembiayaan sindikasi tahun 2021 cukup bagus setelah tahun lalu pasar sindikasi Indonesia mengalami penurunan baik dari sisi jumlah transaksi maupun dari sisi volume.

SVP Corporate Solution Bank Mandiri Farida Thamrin mengatakan, pihaknya memiliki potensi transaksi sindikasi yang cukup besar dan diharapkan bisa kembali mendekati pencapaian tahun 2019. 

“Terdapat beberapa project sindikasi baru yang akan launch di tahun ini serta ada pula beberapa project tahun 2020 yang berlanjut. Pipeline sindikasi 2021 pun cukup banyak dan beragam,” kata Farida pada Kontan.co.id, Selasa (12/1).

Adapun pipeline pembiayaan sindikasi Bank Mandiri di antaranya project pada sektor telekomunikasi, pertambangan, infrastruktur, perkebunan, dan multifinance ataupun consumer goods.

Baca Juga: Bank anggota Himbara yakin kucuran kredit UMKM lebih deras tahun ini

Dengan melihat market yang cukup prospektif dan dengan acuan beberapa pipeline awal tahun, Farida melihat adanya potensi untuk peningkatan fee based income dari pasar sindikasi tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Hanya saja, ia tidak menyebutkan target tahun ini.

Pandemi Covid-19 turut menekan pasar sindikasi tahun lalu. Berdasarkan Bloomberg League Table Reports Global Syndicated Loan, total kesepakatan pembiayaan sindikasi yang dibuat sepanjang 2020 hanya 65 proyek dengan nilai US$ 22,94 miliar atau sekitar Rp 323,5 triliun (dengan asumsi kurs Rp 14.100).

Capaian tersebut turun 15% dibandingkan tahun 2019 yang mencatatkan kesepakatan sindikasi senilai US$ 26,98 miliar dari 93 proyek.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan