Saham Australia dibuka menguat, ditopang sektor teknologi-sumber daya

Sydney (ANTARA) – Saham-saham Australia menguat pada awal perdagangan Rabu, didorong oleh saham sektor teknologi setelah Afterpay menerima persetujuan untuk pengambilalihan dan lonjakan saham terkait sumber daya didukung harga komoditas yang kuat.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia terangkat hampir 1,0 persen menjadi diperdagangkan di 7.390,10 poin pada pukul 23.57 GMT, dengan kenaikan terlihat di seluruh sektor.

Beli sekarang, bayar kemudian Afterpay Ltd menambahkan 6,8 persen menuju hari terbaiknya sejak 22 Desember setelah mengatakan pembelian 29 miliar dolar AS oleh perusahaan pembayaran Block Inc mendapat persetujuan dari bank sentral Spanyol, membuat kesepakatan sepenuhnya tanpa syarat.

Kesepakatan tersebut mengangkat saham-saham teknologi lainnya, sehingga sub-indeks teknologi meningkat 2,5 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir melemah tertekan lonjakan infeksi COVID-19

Saham-saham terkait emas melonjak lebih dari 2,7 persen dalam lompatan satu hari terbaiknya sejak 17 Desember setelah harga emas naik. Indeks emas adalah salah satu yang berkinerja terbaik di indeks acuan.

Penambang emas Northern Star Resources Ltd bertambah 3,9 persen, sementara Evolution Mining Ltd melonjak 4,4 persen.

Saham sektor energi terangkat sebanyak 2,2 persen mencapai level tertinggi sejak 8 November, didukung oleh harga minyak mentah yang kuat.

Para penambang juga menguat sekitar 1,8 persen, dan berada di jalur untuk kenaikan hari keempat berturut-turut serta mendekati level tertinggi lima bulan. Harga bijih besi dan logam yang kuat mendorong sektor ini.

Baca juga: Saham Prancis setop kerugian beruntun, Indeks CAC 40 naik 0,95 persen

Raksasa pertambangan global BHP Group dan Rio Tinto masing-masing terdongkrak 1,7 persen dan 1,2 persen.

Penambang lithium Liontown Resources Ltd melonjak sekitar 13 persen menjadi salah satu yang memperoleh keuntungan tertinggi pada indeks acuan setelah menandatangani kesepakatan pasokan dengan unit baterai LG Chem Korea Selatan.

Saham perbankan dan keuangan menguat 0,6 persen, dengan bank “Empat Besar” naik 0,6 persen hingga 0,7 persen.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru naik 0,1 persen menjadi diperdagangkan di 12.847,87 poin, dengan platform pembayaran Pushpay Holdings Ltd melonjak 4,1 persen.

Baca juga: Saham Inggris berbalik naik, Indeks FTSE 100 bangkit 0,62 persen

Baca juga: Saham Jerman berakhir di zona hijau, Indeks DAX 40 menguat 1,10 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

__Posted on
__Categories
Antara News, EkoBiz