Saham China berakhir naik, hentikan kerugian 4 hari beruntun

Shanghai (ANTARA) – Saham-saham China berakhir lebih tinggi pada Senin, menghentikan kerugian empat hari beruntun, terangkat oleh keuntungan sektor konsumen dan perawatan kesehatan, sementara STAR Market Shanghai yang berfokus pada teknologi rebound karena investor berpegang pada ekspektasi reformasi lebih dalam dan peningkatan likuiditas.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai menguat 0,39 persen atau 13,98 poin menjadi menetap di 3.593,52 poin.

Sementara itu indeks saham-saham unggulan CSI300 terangkat 0,45 persen atau 21,68 poin menjadi ditutup di 4.844,04 poin, dengan sektor kebutuhan pokok konsumen naik 0,88 persen dan sub-indeks perawatan kesehatan naik 1,08 persen.

STAR Market Shanghai berakhir 0,98 persen lebih tinggi, naik dari dekat posisi terendah delapan bulan, setelah regulator sekuritas China mengatakan akan membuat pasar percontohan di pasar bergaya Nasdaq.

STAR, didirikan pada 2019 untuk mendanai inovasi teknis China, saat ini menampung 379 perusahaan tercatat dengan total nilai pasar 5,3 triliun yuan (831,57 miliar dolar AS).

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, perpanjang kerugian 4 sesi sebelumnya

Sub-indeks real estat melonjak 1,45 persen, mencerminkan volatilitas lanjutan di antara saham pengembang di tengah kekhawatiran investor yang sedang berlangsung atas risiko utang dan likuiditas di sektor ini.

Pengembang Shimao Group Holdings telah menjual semua proyek real estatnya, termasuk properti residensial dan komersial, karena pengembang properti China yang kekurangan uang mempercepat pelepasan aset, Caixin melaporkan.

Unit Shimao Group Shanghai Shimao naik dengan batas harian 10 persen pada Senin.

Saham China Life Insurance Co merosot 1,74 persen di Shanghai setelah Komisi Pusat China untuk Inspeksi Disiplin (CCDI) mengatakan telah menempatkan pimpinan perusahaan Wang Bin dalam penyelidikan.

Indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir 0,44 persen lebih tinggi menjadi 14.406,97 poin. serta indeks Kompasit ChiNext yang melacak perusahaan-perusahaan sedang berkembang (start-up) bergaya Nasdaq China, turun tipis 0,04 persen menjadi ditutup pada 3.095,69 poin.

Baca juga: Saham China hapus keuntungan awal menjadi berakhir lebih rendah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

__Posted on
__Categories
Antara News, EkoBiz