Saham Eropa naik 6 hari beruntun, terkerek saham tambang dan travel

Jakarta (ANTARA) – Saham Eropa memperpanjang kenaikan untuk hari ke-enam pada Jumat, didukung oleh harapan bahwa bank sentral utama akan tetap akomodatif meskipun ada tanda-tanda kenaikan inflasi, sementara kenaikan harga saham perusahaan pertambangan dan perjalanan mendukung indeks regional.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,1 persen pada pukul 07.15 GMT dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan keempat berturut-turut.

Perusahaan pertambangan melonjak 1,0 persen, meningkatkan FTSE 100 Inggris sebesar 0,3 persen, sementara saham perjalanan dan liburan memantul dari penurunan sesi sebelumnya.

Investor teknologi Belanda Prosus naik 0,7 persen karena mengatakan pihaknya memperkirakan laba setahun penuh per saham hampir dua kali lipat pada tahun lalu.

Perusahaan reasuransi Prancis Scor melonjak 5,5 persen setelah Covea, pemegang saham terbesar perusahaan, setuju untuk keluar secara baik-baik dari perusahaan menyusul penyelesaian atas upaya pengambilalihan yang berlarut-larut dan perselisihan hukum lanjutan.

Baca juga: Saham Eropa bertahan di dekat level tertinggi

Baca juga: Saham energi melambung, bursa Eropa dekati rekor tertinggi

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, EkoBiz