Sandiaga Uno Dukung Rencana Putri Indonesia Bawa Batik Tulis Pamekasan Ke Ajang Miss Universe 2021


Hal itu dipastikan setelah Putri Indonesia 2020, RR Ayu Maulida Putri berencana memberikan selendang batik tulis Pamekasan, Madura, kepada seluruh peserta ajang Miss Universe 2021.

Rencana ini langsung didukung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bangga dan mendukung langkah promosi produk kreatif nasional ke kancah dunia melalui ajang Miss Universe 2021 yang akan berlangsung pada 6 Mei hingga 16 Mei 2021.


“Tentu bangga, produk ekonomi kreatif Pamekasan mewarnai ajang Miss Universe 2021,” kata Sandi melalui keterangannya, Rabu (5/5).

Sandi mengatakan, batik tulis Pamekasan merupakan batik tulis di Madura dengan motif serta warna yang sangat unik dan melegenda.

Bahkan Desa Klampar di Kecamatan Proppo sebagai penghasil batik tulis sudah menjadi sentra perkampungan batik sejak dulu.

“Saya pernah beli batik Pamekasan. Batiknya itu menurut saya kualitasnya sudah sangat berstandar internasional dan harganya itu tidak murah dan sudah memiliki nilai tambah yang sangat tinggi,” terangnya.

Oleh karena itu, Sandi mendorong agar pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif fokus pada konsep penambahan nilai dari batik tulis Pamekasan.

“Saya rasa kalau kita membuat satu pola perjalanan alangkah baiknya juga minat khusus tersebut dituangkan dalam konsep penambahan nilai dari batik Pamekasan. Mudah-mudahan hal ini juga mendorong peran para pengrajin ekonomi kreatif ini supaya memberdayakan ekonomi rakyat,” pungkasnya.

__Posted on
__Categories
Nasional