Sekda Kabupaten Magelang minta operasi prokes dilakukan di perkantoran

Magelang (ANTARA) – Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Adi Waryanto meminta Satpol PP untuk melakukan operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) di perkantoran, terutama di lingkungan pemerintah daerah untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

“Kepala Satpol PP bersama tim suatu saat lakukanlah operasi di kantor-kantor untuk mengingatkan teman-teman kita, terutama di kantor pemerintah daerah,” katanya di Magelang, Kamis.

Menurut dia, hal ini sesuai dengan Instruksi Mendagri nomor 6 Tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan COVID-19, yaitu kepala daerah sebagai pimpinan tertinggi harus menjadi teladan bagi masyarakat.

Baca juga: Operasi yustisi di Tambora kenakan sanksi sosial 60 pelanggar

“Kita ini sebagai salah satu bagian dari Pak Bupati maka harus bisa menjadi teladan,” katanya saat memimpin Rakor Penanganan COVID-19 dan Rencana Operasi Status Siaga Merapi di Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang.

Menurut dia, saat ini klaster perkantoran telah bertambah banyak ditambah lagi dengan adanya kegiatan atau kunjungan kerja dari luar kota. Selain itu, penerapan protokol kesehatan di area perkantoran saat ini juga mulai kurang ketat.

“Sebenarnya melalui video conference kan bisa, tetapi dibalik kunjungan kerja mungkin tidak sekedar itu, mungkin ingin melihat yang lainnya juga. Tetapi kita harus tetap tanggapi mitra kerja kita dari daerah yang lain dengan tidak mengurangi rasa hormat. Kalau pun harus kelihatan secara fisik, ya tidak usah banyak-banyak dan jangan terlalu lama,” katanya.

Baca juga: Satgas COVID-19: Kepala daerah harus larang kegiatan kerumunan

Baca juga: Wagub Jabar minta calon kepala daerah terapkan protokol kesehatan

Adi juga meminta agar Satpol PP aktif melakukan pengecekan terkait izin yang telah dikeluarkan oleh bupati untuk menggelar suatu acara apa pun.

“Setiap hari Pak Bupati menandatangani izin minimal 50, apakah izin pernikahan, pengajian, atau pun musranting dan sebagainya. Meskipun dengan keterbatasan jumlah personel, paling tidak ada langkah ngecek untuk meyakinkan mereka itu konsisten terhadap pernyataan yang mereka ajukan sendiri, untuk mematuhi protokol kesehatan dalam acara yang mereka adakan,” katanya.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker #cucitanganpakaisabun #jagajarak

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

__Posted on
__Categories
Antara News, Hukum