Semua objek wisata di Kabupaten Kudus ditutup selama Lebaran

Untuk itulah, perlu diambil langkah-langkah antisipasi mencegah penyebaran virus corona dengan menutup objek wisata selama libur Lebaran

Kudus (ANTARA) – Semua objek wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diwacanakan untuk ditutup selama libur Lebaran untuk menghindari terjadinya kerumunan sebagai antisipasi penyebaran penyakit virus corona (COVID-19).

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus terkait rencana penutupan semua objek wisata, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta,” kata Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Selasa.

Pengalaman tahun sebelumnya, kata dia, setelah Lebaran justru terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Untuk itulah, perlu diambil langkah-langkah antisipasi mencegah penyebaran virus corona dengan menutup objek wisata selama libur Lebaran.

Apalagi, kata dia, pemudik ternyata sudah banyak yang masuk, meskipun sudah ada upaya pengetatan di wilayah perbatasan.

Dengan ditutupnya objek wisata, diharapkan para pemudik dari luar kota tidak berupaya mencari objek wisata untuk berlibur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengungkapkan sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, objek wisata memang masih boleh buka dengan pengetatan protokol kesehatan.

“Untuk surat edaran dari Pemprov Jateng justru ada pembatasan kapasitas pengunjung hingga 30 persen dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Bagi pengelola objek wisata yang melanggar, maka ancamannya penutupan tempat usaha. Sedangkan instruksi Bupati Kudus terkait penutupan tentunya akan ditindaklanjuti ketika sudah ada surat resminya. 

Baca juga: Satgas COVID-19: Mudik apapun bentuknya ditiadakan
Baca juga: Kapal wisata tidak diizinkan masuk Raja Ampat selama larangan mudik
Baca juga: Kemenkes: 10 provinsi alami peningkatan kasus dalam 4 pekan terakhir

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, Umum