Serangan Jantung Bisa Dicegah dengan Konsumsi Kacang Mete

JAKARTAKacang metemerupakan jenis kacang yang kaya vitamin, mineral, nutrisi dan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan. Kacang jenis ini menawarkan manfaat kesehatan utama, termasuk penurunan berat badan dan peningkatan kesehatan jantung.

Kendari kacang mete mengandung banyak lemak, fakta bahwa lemak dalam kacang mete merupakan lemak baik yang dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dan penurunan risiko kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke. (Baca juga: Mengapa Pesepakbola Ricky Yacobi Berisiko Kena Serangan Jantung?)

Dilansir Times Now News, kacang mete telah digunakan untuk membuat alternatif susu seperti susu kacang mede hingga saus krim berbasis kacang mede.

Berdasarkan Basis Data Gizi Nasional Departemen Pertanian (USDA) AS, satu ons kacang mete mentah (sekitar 28,35 gram) mengandung nutrisi dalam jumlah yang berbeda.

Baca Juga:

Kacang mete juga mengandung Vitamin C dan Vitamin B, termasuk tujuh mikrogram (mcg) folat DFE. Berikut manfaat kesehatan dari konsumsi kacang mete.

1. Kesehatan jantung
Kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar trigliserida sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam satu studi, mengkonsumsi kacang mete meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah pada orang India Asia dengan diabetes tipe 2. Juga, vitamin dan mineral tertentu dalam kacang mede, termasuk Vitamin E dan B-6, kalium, dan asam folat dapat membantu melindungi penyakit jantung.

2. Penurunan berat badan
Makan beragam kacang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Percobaan menunjukkan bahwa rejimen makanan yang memasukkan konsumsi kacang dalam jumlah sedang dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan rejimen yang mengecualikan kacang.

Selain itu, ulasan penelitian yang diterbitkan pada 2017 menemukan bahwa kacang-kacangan meningkatkan perasaan kenyang dan berkontribusi terhadap thermogenesis (produksi panas dalam tubuh), yang dapat mempercepat metabolisme dan membantu menjaga berat badan yang sehat. (Baca juga: Cegah Serangan Jantung Saat Main Bola, Ini Saran Dokter)

3. Kesehatan tulang
Kacang mete juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang karena mengandung banyak tembaga. Telah terbukti bahwa defisiensi tembaga dapat menyebabkan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah dan menyebabkan osteoporosis. Mineral seperti magnesium dalam kacang mete juga membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Selain itu, mangan, bersama dengan kalsium dan tembaga, dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Kesehatan mata
Kacang mete juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik – lutein dan zeaxanthin – yang dapat melindungi mata dari kerusakan, membantu mengurangi risiko katarak. Karena itu, menambahkan kacang mete ke dalam makanan dapat membantu melindungi sel-sel sehat di mata.

__Posted on
__Categories
SindoNews, Umum