Sistem biometrik PT Akurat Satu Indonesia berhasil lolos sertifikasi

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Saat ini proses biometrik menjadi kelaziman di era digital. Demi keamanan, penyedia jasa biometrik harus teruji. Misalnya melalui proses sertifikasi. 

Nah, PT Akurat Satu Indonesia (Akurat Satu) perusahaan startup teknologi asal Indonesia telah  mendapatkan sertifikasi NIST. Ini adalah lembaga standardisasi biometrk yang bermarkas di Amerika Serikat (AS).

Direktur Pengembangan Bisnis Akurat Satu, Rionald A Soerjanto mengatakan, Akurat Satu sebelumnya lulus sertifikasi pada kategori FRVT 1:1 (one-to-one) di bulan September 2020. Lalu lulus sertifikasi kategori FRVT 1:N (one-to-many) Identification dan FRVT 1:N Investigation. 

“Menurut publikasi NIST, Akurat Satu dalam dua kategori, FRVT 1:N Identification dan FRVT 1:N Investigation dengan peringkat 20 besar di dunia,” kata Rionald, dalam  rilis ke Kontan.co.id, Jumat (18/12).

Direktur Akurat Satu, Christian Kurniawan memaparkan, verifikasi dan identifikasi data biometrik seperti wajah manusia merupakan hal yang sangat krusial dalam dunia identifikasi dan investigasi karena menyangkut keamanan semua pihak di era digital. “Sistem yang ada harus mampu untuk melakukan verifikasi, identifikasi dan deteksi dengan akurat dan cepat di tengah banyaknya data. Selain itu harus mampu mendeteksi hasil foto kooperatif atau non-kooperatif serta foto orang kembar sekalipun,” paparnya.



__Posted on
__Categories
Kontan, Peluang