Sritex (SRIL) berencana terbitkan obligasi dolar senilai US$ 325 juta

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) berencana menerbitkan surat utang baru dengan nilai pokok sebanyak-banyaknya US$ 325 juta. Jumlah tersebut setara Rp 4,6 triliun bila dihitung menggunakan kurs tengah Bank Indonesia di level Rp 14.155 per dolar AS.

Presiden Direktur Sri Rejeki Isman Iwan Setiawan Lukminto menjelaskan surat utang senilai US$ 325 juta tersebut akan diterbitkan dalam denominasi dolar Amerika Serikat (AS). Surat utang akan ditawarkan kepada investor di luar wilayah negara Republik Indonesia, sehingga bukan termasuk kepada suatu penawaran umum di Indonesia. 

“Setelah surat utang diterbitkan dan ditawarkan, surat utang tersebut akan didaftarkan dan dikutip dalam daftar resmi dari SGX-ST,” tulis Iwan dalam keterbukaan informasi, Senin (11/1). Surat utang tersebut akan dijamin oleh PT Sinar Pantja Djaja (SPD), PT Bitratex Industries (BIS) dan PT Primayudha Mandirijaya (PMJ) yang merupakan anak usaha SRIL. 

Baca Juga: Moody’s pasang rating Sri Rejeki (SRIL) tetap di B1 dengan outlook negatif

Sebelumnya, pada 23 Desember 2020 lembaga pemeringkat Moody’s menurunkan peringkat Sritex menjadi B1 dari sebelumnya Ba3. Moody’s juga menurunkan peringkat surat utang senilai US$ 150 juta yang jatuh tempo pada 2024 dari Ba3 menjadi B1, dan surat utang senilai US$ 225 juta yang jatuh tempo pada 2025.

Penurunan tersebut mencerminkan melemahnya posisi likuiditas dan struktur utang Sritex, di tengah ketergantungan terhadap pendanaan jangka pendek untuk modal kerja dan operasional lainnya. Hal ini juga mencerminkan risiko pembiayaan kembali terkait pinjaman sindikasi Sritex senilai US$ 350 juta yang jatuh tempo pada Januari 2022. 

Baca Juga: Sritex (SRIL) Terus Memperkuat Pasar Ekspor

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan