Sukses Berlabuh di ISS, Crew-1 Jadi Awal Penerbangan Komersial NASA

ASTRONAUT Misi Crew-1 hasil kerja sama NASA dan SpaceX berhasil mendarat di International Space Station (ISS). Pesawat luar angkasa yang mengangkut empat astronaut tiba di lab pada Senin 16 November malam atau tepat 27 jam setelah peluncuran dari Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat. Ini menjadi momen sejarah baru bagi penerbangan luar angkasa NASA.

Sekira dua jam setelah pesawat Crew Dragon berlabuh, keempat astronaut yang terdiri dari Victor Glover, Mike Hopkins, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi melayang ke ISS. Mereka akan menetap di sana selama enam bulan.

Baca juga: Ini Sejarah Baru yang Tercipta dari Peluncuran Roket Crew-1 ke ISS 

Misi Crew-1 menjadi bagian dari Program Kru Komersial NASA yang sudah dicanangkan sejak 2010. NASA ingin mengembangkan pesawat luar angkasa karena pesawat ulang-alik yang biasanya digunakan untuk mengirim orang ke orbit berhenti beroperasi pada 2011.

Astronaut Misi Crew-1. (SpaceX/NASA)

Sejak saat itu, astronaut NASA hanya mengandalkan pesawat luar angkasa Soyuz Rusia sebagai akomodasi.

Akhirnya pada tahun 2014, Program Kru Komersial menandatangani kontrak bernilai miliaran dolar dengan SpaceX dan Boeing untuk menyelesaikan kendaraan penerbangan NASA. Crew-1 menjadi yang pertama lepas landas dari penerbangan komersial itu.

Baca juga: Pesona Anya Geraldine Berkuda di Pantai Pererenan Canggu Bali

“Misi ini adalah mimpi. Kami bermimpi suatu hari dapat memiliki layanan transportasi awak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Hari ini impian itu menjadi kenyataan. Ini awal dari era baru,” kata Kepala Penerbangan Luar Angkasa NASA Kathy Lueders, seperti dikutip dari Space, Rabu (18/11/2020).

Astronaut Crew-1 bergabung dengan tiga astronaut lainnya yang sudah berada di ISS. Mereka adalah Kate Rubins serta Kosmonaut Sergey Kud-Sverchkov dan Sergey Ryzhikov.

(han)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply