Tekan AS, Presiden Meksiko Minta Penjelasan Penangkapan Istri El Chapo

MEXICO CITY – Presiden Meksiko mengatakan penangkapan istri raja narkoba yang dipenjara Joaquin “ El Chapo ” Guzman di Amerika Serikat (AS) adalah masalah AS, meskipun ia mendesak pihak berwenang di utara perbatasan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kasusnya.

Emma Coronel Aispuro ditangkap di bandara di luar Washington dan dituduh membantu Guzman terus menjalankan kartel narkoba selama penahanannya.

Baca juga: Istri Cantik Bos Kartel Narkoba El Chapo Ditangkap di Virginia

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers pagi hari bahwa dia berharap pemerintah AS akan membagikan lebih banyak informasi tentang penangkapan itu.

Baca Juga:

“Ini masalah yang akan diputuskan oleh Amerika Serikat,” katanya, berspekulasi bahwa penangkapannya mungkin terkait dengan kasus mantan Menteri Keamanan Meksiko Genaro Garcia Luna, yang juga dituntut secara pidana tahun lalu di pengadilan AS seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2021).

Coronel Aispuro, mantan ratu kecantikan berusia 31 tahun, adalah peserta tetap pada persidangan profil tinggi suaminya di New York dua tahun lalu di mana dia dihukum karena memperdagangkan berton-ton narkoba ke Amerika Serikat.

Dia didakwa oleh Departemen Kehakiman AS dengan konspirasi untuk mengimpor obat-obatan termasuk heroin, kokain dan metamfetamin ke Amerika Serikat, dan diperkirakan akan muncul di pengadilan di Washington pada Selasa malam.

Baca juga: Jejak Istri Cantik El Chapo: dari Ratu Kecantikan Menjadi Ratu Narkoba

__Posted on
__Categories
SindoNews, Umum