Tempuh 1.800 Mil, Hiu Putih Raksasa Muncul di Perairan Amerika

SEEKOR ikan hiu putih raksasa muncul di lepas Pantai Carolina Utara, Amerika Serikat, hanya berselang beberapa pekan setelah terdeteksi di dekat Kanada. Ini membuktikan bahwa hiu besar tersebut telah melewati perjalanan lebih dari 1.800 mil atau sekira 2896,819 kilometer.

Hiu bernama Nukumi tersebut memiliki berat 3.541 pon yang sebelumnya sudah diberi tag di Nova Scotia, Kanada, pada 2 Oktober lalu. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ocearch, organisasi yang berfokus pada penelitian hiu dan hewan laut besar.

Baca juga: Ilmuwan Kembali Temukan Hiu Putih Raksasa di Pantai Amerika 

Dikutip dari Fox News, Jumat (20/11/2020), Ocearch mengungkapkan saat ini Nukumi sedang melakukan migrasi selatan bersama sebagian besar populasi spesies Atlantik lainnya. Pekan lalu, empat hiu putih besar lainnya juga terlihat di dekat Outer Banks. Namun, tampaknya tidak ada yang berukuran seperti Nukumi.

Ikan hiu putih raksasa Nukumi. (Foto: Chris Ross OCEARCH)

Organisasi tersebut baru-baru ini telah menyelesaikan ekspedisi skala besar di Perairan Nova Scotia yang menandai hiu baru dan mengumpulkan data untuk 21 proyek penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat medis bagi kehidupan manusia.

Baca juga: Hiu Putih Bermata Satu Ditemukan di Perairan Maluku 

Salah satu proyeknya akan memeriksa bakteri pada hiu putih besar yang memiliki sifat antibiotik untuk membantu resistensi bakteri di darat.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, hiu putih besar menghabiskan sebagian besar waktu mereka di sepanjang landas kontinen dan sekitar Pulau Newfoundland serta Florida.

(han)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply