Tiba di Riau, Kapten Kapal dan Empat ABK Asal India Positif Covid-19

Merdeka.com – Kapten kapal yang berasal dari India dan bersandar di Pelabuhan Dumai terkonfirmasi positif Covid-19. Kini empat orang anak buah kapal (ABK) turut tertular virus tersebut.

Keempatnya diketahui positif setelah dilakukan tes PCR oleh tenaga medis yang diberi kewenangan mengawasi awak kapal tersebut.

“Ada tambahan lagi, empat ABK-nya positif, setelah dites PCR,” kata juru bicara Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi Selasa (4/5).

Kendati demikian, kondisi 4 ABK tersebut masih tergolong ringan. Sementara sang kapten kini justru harus mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit di Pekanbaru lantaran status menuju berat.

Sementara, 4 ABK tersebut saat ini masih melakukan isolasi di dalam kapal. Tentu pengawasan ketat juga dilakukan oleh petugas medis.

Yopi menjelaskan, total kasus konfirmasi per Selasa (4/5) adalah 483 orang. Sementara kasus kematian mencapai 7 orang.

“Angka kematian ini memang sedikit turut dibandingkan angka yang kemarin sekitar 18 orang. Tetapi bukan berarti pandemi Covid-19 di Riau sudah terkontrol,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari 7 orang yang meninggal hari ini, 6 orang di antaranya di atas usia 60 tahun sedangkan satu orang lagi berusia 58 tahun. Hal ini berarti yang meninggal hari ini merupakan lanjut usia.

“Untuk itu saya masyarakat Riau agar menghindari kerumunan, kemudian mengurangi mobilitas, dan jangan lupa menggunakan masker,” terangnya.

Sebelumnya sudah dilakukan rapat dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau untuk mempertegas aturan-aturan yang akan melindungi masyarakat Riau masa pandemi ini.

“Sebagaimana diketahui zona merah per hari ini di Provinsi Riau ada 3 kabupaten dan kota di antaranya kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar,” tandasnya. [fik]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum