Tim SAR Terus Lakukan Pencarian Bangkai Pesawat Sriwijaya Air dan Korban

JAKARTATim search and rescue (SAR) gabungan terus melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Meski begitu, sejumlah serpihan pesawat Boeing 737-500 itu pun mulai ditemukan.

Pantauan MNC News Portal di perairan Kepulauan Seribu, Minggu (10/1/2021) tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas hingga stakeholder lainnya terus melakukan proses evakuasi. Bahkan pemantauan melalui jalur udara juga dilakukan untuk memaksimalkan proses evakuasi. (Baca juga: Sumarzen Marzuki, Ayah Co Pilot Sriwijaya Fadly Satrianto Terlihat Tegar dan Ikhlas)

Koordinator Indonesia Divers Rescue Team (IDRT) Bayu Wardoyo menyampaikan, pihaknya mengerahkan 10 penyelam untuk melakukan evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Menurutnya, kondisi cuaca yang cerah bisa memaksimalkan proses evakuasi.

“10 penyelam dibagi, mereka turun berdua, kita bagi jadi lima tim. Ini kan jam 14.30 WIB, kita hanya bisa turunkan sekali,” kata Bayu dari atas Kapal Basudewa milik Basarnas, Kepulauan Seribu.

Baca Juga:

Dia menyebut, faktor cuaca yang mendukung proses pencarian korban maupun bangkai pesawat yang dilakukan saat ini. Bahkan, dia mengharapkan, proses evakuasi yang dilakukan pihaknya akan berjalan optimal. “Menuju ke malam gelap, risikonya akan lebih tinggi dan nggak efektif,” kata dia.

Serpihan hingga properti korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara perlahan mulai ditemukan di perairan Kepulauan Seribu. Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lebih dulu memimpin pasukan untuk melakukan operasi pencarian tersebut.

Dalam kesempatan itu, Hadi mengatakan, tim penyelamat dari KRI Rigel menemukan sejumlah barang-barang yang didapat di titik koordinat yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Bahkan, kabar baru yang diterimanya, KRI Rigel sudah menemukan sinyal dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Menindaklanjuti hal tersebut, Kopaska langsung melakukan penyelamatan, dan sudah ditemukan beberapa pecahan dari pesawat tersebut.

“Karena disini terbukti ada life vest jacket, warna bagian dari pesawat ada, dan juga bagian dari ada registrasinya,” katanya. (Baca juga:Rizki Ajak Ibu, Istri, Anak dan Sepupu Terbang bersama Sriwijaya Air ke Pontianak)

Dia berharap sejumlah barang-barang yang ditemukan ini bisa menjadi titik terang untuk menemukan keberadaan posisi dari Sriwijaya Air tersebut.

__Posted on
__Categories
SindoNews, Umum