Ukraina Minta Bantuan Pengadaan Vaksin Covid-19 dari Uni Eropa

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelenskiy meminta bantuan lebih lanjut dari negara-negara Uni Eropa untuk pengadaan vaksin covid-19, setelah pemerintahnya menolak meminta bantuan dari Rusia.

Sejauh ini, pandemi covid-19 telah menewaskan lebih dari 20 ribu warga Ukraina dan menjerumuskan salah satu negara termiskin di Eropa itu ke dalam resesi pada tahun lalu.

Ukraina telah setuju untuk membeli beberapa vaksin covid-19 dari Tiongkok dan diperkirakan akan mendapat beberapa dosis vaksin di bawah program Covax global untuk negara-negara miskin.

Baca juga: Ontario Perintahkan Warga di Rumah Saja

“Saat ini, untuk semua negara inisiatif Kemitraan Timur, khususnya Ukraina dan Moldova, masalah mendapatkan vaksin menjadi penting. Negara-negara Kemitraan Timur harus diberi perhatian lebih dari negara-negara Uni Eropa dalam hal prosedur pengadaan bersama dan percepatan pasokan vaksin,” kata Zelenskiy.

Seminggu yang lalu, 13 dari 27 negara anggota UE, bersama-sama mendesak komisi UE untuk berbuat lebih banyak guna membantu memerangi covid-19 di tetangga Balkan blok itu dan di Ukraina. (The Guardian/OL-1)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum