Wapres Minta Proses Fatwa MUI tak Hambat Vaksinasi Covid-19

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta agar jadwal pelaksanaan vaksinasi covid-19 tidak terhambat proses fatwa yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Karena itu, Wapres meminta MUI bisa memastikan proses fatwa dan uji klinis vaksin berjalan paralel.

“Jadi langkahnya nanti paralel yang dilakukan, antara Pemerintah dan tim dokter terkait sertifikasi vaksinnya dengan proses fatwa juga berjalan, sehingga semuanya selesai kemudian vaksinasi dilakukan,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi kepada wartawan dalam telekonferensi pers, Jumat (20/11).

Menurut Masduki, MUI saat ini terus melakukan penelitian terhadap sejumlah vaksin yang bakal digunakan. Tim MUI bersama Bio Farma dan Badan POM sebelumnya terbang ke Tiongkok untuk memastikan kehalalan vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Walaupun proses pemeriksaan belum selesai, Masduki menyebutkan kabar pemeriksaan itu cukup menggembirakan.

Baca juga : Infrastuktur dan SDM Indonesia Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19

“Sekarang memang belum (selesai), tapi sedang proses. Ada laporan terakhir dari Wasekjen bidang masalah fatwa tentang bagaimana perkembangan di MUI. Semuanya menggembirakan, bahkan tingkat kehalalannya pun menggembirakan,” ungkapnya.

Wapres Ma’ruf Amin sebelumnya menegaskan bahwa fatwa MUI terkait vaksin tetap akan dikeluarkan apa pun hasil pemeriksaannya.

“Apa yang disampaikan Wapres, kalau halal akan ada fatwanya. Kalau tidak, juga akan ada fatwa. Jadi tidak ada hambatan, tapi sampai sekarang masih proses,” jelasnya. (OL-7)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum