Widodo Makmur Unggas mengucurkan Rp 600 miliar untuk membangun rumah potong ayam

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU) merampungkan pembangunan rumah potong ayam (RPA) yang berlokasi di Wonogiri, Jawa Tengah. Direktur Utama Widodo Makmur Unggas, Ali Mas’adi mengatakan RPA ini sudah mulai beroperasi pada tanggal 15 Februari 2021. Adapun dana yang dikucurkan untuk pembangunan RPA tersebut sebesar Rp 600 miliar.

RPA ini memiliki kapasitas produksi 12.000 ekor ayam per jam. Selain meningkatkan kapasitas produksi, beroperasinya RPA ini sejalan dengan strategi usaha Widodo Makmur yang fokus pada segmentasi bisnis RPA.

Ali bilang, RPA baru Widodo Makmur ini akan memproduksi ayam 10 kali lebih banyak daripada RPA Widodo Makmur terdahulu. RPA Widodo Makmur terdahulu berada di Jambakan, Jawa Tengah memiliki kapasitas produksi 1.500 ekor ayam per jam atau setara 6.500 ton ayam per tahun. Sementara RPA baru Widodo Makmur yang terletak di Wonogiri ini diproyeksikan mampu memotong 50,4 juta ekor/ tahunnya.

Baca Juga: Rumah potong ayam baru mulai beroperasi, Widodo Makmur (WMUU) siap genjot produksi

Pemfokusan strategi usaha pada segmentasi RPA salah satunya didukung oleh baiknya kinerja karkas yang menjadi sumber tertinggi laba Widodo Makmur Unggas. Beroperasinya RPA baru Widodo Makmur ini akan meningkatkan dorong total produksi RPA hingga 110.740 ton di tahun 2021.

Selain itu, Widodo Makmur Unggas masih melanjutkan sejumlah proyeknya. “Progress proyek lain yang sedang berjalan sudah mencapai 10%- 20%,” kata Ali kepada Kontan.co.id, Senin (22/2).

Adapun beberapa proyek PT Widodo Makmur Unggas meliputi breeding PS farm di Gunung Kidul, proyek hatchery di Sukabumi, kemudian broiler commercial farm di Wonogiri, dan feedmill di Ngawi.

Baca Juga: Punya prospek menarik, Mirae beri rating overweight ke sektor unggas

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan