XL Axiata (EXCL) merampungkan pengalihan menara ke Protelindo

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) merampungkan pengalihan sisa menara yang dijual kepada PT Profesional Telekomunikasi (Protelindo), anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). Pengalihan terakhir terjadi pada Jumat, 20 November 2020 untuk 11 unit menara.

“Dengan begitu, XL Axiata telah menyelesaikan seluruh transaksi jual beli menara telekomunikasi dengan Protelindo sejumlah 1.642 unit dari rencana transaksi awal sebanyak 1.723 menara,” kata manajemen XL Axiata dalam keterbukaan informasi, Jumat (20/11). Total nilai penjualannya adalah sebesar Rp 2,21 triliun.

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, pelaksanaan jual beli sekaligus pengalihan pertama terjadi pada Kamis, 2 April 2020. Protelindo menerima penyerahan titel 1.399 menara telekomunikasi dari XL Axiata.

Kemudian, pada Kamis, 28 Mei 2020, XL Axiata mengalihkan 221 menara. Selanjutnya, pada Selasa, 30 Juni 2020, XL Axiata kembali menyerahkan 20 unit menara.

Baca Juga: Simak rekomendasi analis untuk saham emiten menara berikut ini

Sementara sisanya dialihkan dalam kurun waktu Juli hingga 20 November 2020. Dengan begitu, status kepemilikan 1.642 menara tersebut tidak lagi dicatatkan sebagai aset XL Axiata.

Sebagai informasi, TOWR menggenggam 99,9997% kepemilikan Protelindo secara langsung. Dengan akuisisi menara milik XL Axiata, TOWR kini memiliki lebih dari 21.000 menara  telekomunikasi.

Baca Juga: Prospek EXCL setelah laba naik ratusan persen

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan